Rabu, 10 September 2008

PROLOG SARARA

Yayasan Sarara didirikan dengan landasan pemikiran bahwa setiap manusia memiliki kewajiban untuk saling bahu membahu baik dirinya sebagai pribadi maupun dalam kelompok masyarakat untuk mewujudkan keberdayaan, keadilan dan kesejahteraan bagi setiap segmen masyarakat dari perkotaan, kabupaten, kecamatan hingga kepelosok desa.
Yayasan ini diharapkan dapat menjadi mitra masyarakat dan pemerintah dengan tujuan yang sama, yaitu melaksanakan pembangunan secara fisik dan non fisik yang adil, merata dan transparan. Kehadirannya bukanlah sebagai pesaing (kompetitor) bagi pemerintah, pemerintah daerah atau kelompok masyarakat lainnya tetapi ikut andil berperan aktif bersama-sama membantu masyarakat dalam pembinaan sumber daya manusia yang meliputi pembinaan akhlak, pendidikan dan pemberdayaan ekonomi agar dapat memahami pengelolaan sumber daya alam yang ada dengan arif dan bijaksana. Hal ini dilakukan untuk memenuhi terciptanya pembangunan manusia seutuhnya sebagai syarat mutlak terbentuknya pribadi-pribadi terbaik dalam pembangunan daerah, bangsa dan negara.

Yayasan Sarara memiliki Visi “membantu pelaksanaan pembangunan daerah, bangsa dan negara dengan semangat persaudaraan (Sarara)”. Untuk mewujudkan Visi tersebut maka yayasan menjalankan Misinya sebagai inovator, stimulator, fasilitator dan dinamisator ditengah-tengah masyarakat untuk mewujudkan tujuan yang diinginkan di seluruh sektor pembangunan. Misi (tugas yang diemban) yang paling penting yaitu ikut menyelesaikan setiap permasalahan yang ada di masyarakat melalui identifikasi setiap pokok permasalahan, inventarisasi data yang valid dan up to date, pendekatan-pendekatan masyarakat dengan pola yang tepat, sistem pengaturan (regulation) yang adil. Ini semua dilakukan untuk menghasilkan langkah-langkah penyelesaian yang tepat dan terarah terhadap suatu permasalahan yang dihadapi yang pada akhirnya dapat menciptakan suasana yang kondusif, aman dan tertib.

Dalam menjalankan tugas yang diemban tersebut, tentunya memerlukan tenaga-tenaga yang memiliki kompetensi dibidangnya, profesional, tekun dan memiliki pengalaman kerja di lapangan. Olehnya itu, pihak yayasan sangat membuka diri bagi siapa saja yang ingin bekerja sama untuk direkrut dan saling berkomitmen untuk menghasilkan apa yang diinginkan di dalam visi yayasan ini. Juga berkomitmen untuk membantu pemerintah dan masyarakat melaksanakan dan mensukseskan program-program pembangunan yang sekaligus memfasilitasi setiap keinginan dan harapan masyarakat dan pemerintah untuk mewujudkan Sulawesi Tengah yang amanah, damai, adil dan sejahtera yang dilandasi Iman dan Taqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Tidak ada komentar: